• SMA NEGERI 1 KURIK
  • Cerdas dengan Ilmu, Mulia dengan Akhlak, Hebat dengan Teknologi, Maju Bersama Menuju Kesuksesan

Urutan Generasi Processor Intel

Urutan Generasi Processor Intel – Banyak orang mengira dan beranggapan bahwa Core i3, i5, dan i7 adalah nama generasi prosesor Intel. Tapi, Core i hanya nama model atau merek yang dirilis. Untuk menghindari kesalapahaman tersebut, di sini kami akan membagikan Anda informasi daftar semua model prosesor utama yang telah dirilis Intel sampai sekarang.

  • Pentium 1, 2, 3, 4
  • Celeron
  • Pentium M and Celeron M for mobile devices
  • Pentium Dual Core
  • Core Solo
  • Core Duo
  • Core 2 Duo
  • Core 2 Quad
  • Core i3, i5, i7, i9

Setelah seri Core i dirilis, muncul konsep generasi baru, perbedaan antara satu generasi dengan generasi lainnya adalah perbedaan mikroarsitektur prosesor.

Dengan perkembangan teknologi Intel, ia terus meningkatkan fungsionalitas dan kecepatan setiap generasi produk. Inilah sebabnya mengapa selalu ada perbedaan generasi.

Berikut ini adalah urutan dan deskripsi prosesor Intel dari generasi pertama hingga generasi terbaru:

 

1. Nehalem

Nehalem adalah arsitektur mikro dari prosesor Intel yang dirilis untuk produksi massal pada tahun 2010. Tercipta sebagai penerus arsitektur Core pertama yang memiliki keterbatasan tertentu, seperti ketidakmampuan untuk meningkatkan kecepatan clock dan efisiensi yang rendah.

Nehalem memperkenalkan kembali teknologi Hyper-Threading dengan menggunakan teknologi manufaktur 45 nanometer yang sebelumnya ditinggalkan pada model prosesor Core i3 generasi pertama.

Prosesor Intel generasi pertama ini memiliki cache L1 64 KB, cache L2 256 KB per inti, dan cache L3 4 MB hingga 12 MB yang digunakan bersama dengan semua inti prosesor. Nehalem juga mendukung soket LGA 1156 dan RAM DDR3 2-channel.

 

2. Sandy Bridge

Pada tahun 2011 Intel meluncurkan Arsitektur mikro baru pengganti Arsitektur Nehalem yang menggunakan teknologi manufaktur 32 nanometer bernama Sandy Bridge.

Teknologi manufaktur 32-nanometer yang digunakan oleh Sandy Bridge membuatnya lebih kompak dan efisien daripada Nehalem, yang menggunakan teknologi manufaktur 45-nanometer.

Sandy Bridge memiliki fitur baru yang tidak dimiliki produk generasi sebelumnya, yaitu VGA pada prosesor ini.

Sandy Bridge menggunakan 64 KB dan 256 KB cache L1 inti yang sama untuk cache L2, tetapi ada perbedaan dalam cache L3. Biasanya cache L3 dari prosesor Sandy Bridge adalah antara 1 MB dan 8 MB. Sedangkan untuk prosesor ekstrim, mulai dari 10 MB hingga 15 MB.

Prosesor Intel generasi kedua menggunakan 1155 soket LGA dan RAM DDR3-1066 2-channel.

 

3. Ivy Bridge

SelanIvy Bridge merupakan prosesor Intel generasi ketiga yang diluncurkan pada September 2012 menggunakan proses manufaktur 22 nanometer, yang membuat Ivy Bridge lebih efisien dan lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Meski lebih efisien dan cepat, Ivy Bridge memiliki kekurangan yaitu prosesor mengeluarkan panas lebih banyak dibandingkan prosesor Sandy Bridge.

Arsitektur Ivy Bridge menggunakan slot LGA 1155 yang sama dan RAM DDR3-1333 hingga DDR3-1600.

 

4. Haswell

Haswel adalah generasi keempat Intel, diluncurkan pada 2013. Dari segi teknologi manufaktur, prosesor ini sama dengan Ivy Bridge, menggunakan 22 nanometer.

Meski menggunakan teknologi manufaktur yang sama, kecepatan Haswel lebih baik dari Ivy Bridge. Selain itu, Haswell juga menghadirkan banyak fitur yang sangat menarik, seperti dukungan soket baru (LGA 1150, BGA 1364, LGA 2011-3), teknologi DDR4, desain cache baru, dll.

Manfaat utama Haswell adalah dapat digunakan pada perangkat ultra-portabel karena konsumsi daya prosesor yang rendah.

 

5. Broadwell

Broadwell dirilis oleh Intel pada tahun 2015. Prosesor ini menggunakan teknologi manufaktur 14 nanometer, yang 37% lebih kecil dari pendahulunya. Menurut Intel, dengan CPU Broadwell, masa pakai baterai perangkat dapat ditingkatkan hingga 1,5 jam.

Chip Broadwell juga memiliki kinerja grafis yang lebih cepat dan lebih baik. Prosesor Intel generasi kelima ini menggunakan soket LGA 1150 dan RAM DDR3L-1333/1600 LGA 2011-v3 2 saluran.

 

6. Skylake

Intel meluncurkan prosesor generasi ke-6 yang disebut Skylake pada Agustus 2015. Skylake adalah desain ulang dari teknologi 14-nanometer yang sama yang diperkenalkan di Broadwell, arsitektur generasi ke-5.

Kecepatan prosesor generasi Skylake bisa mencapai 50% lebih tinggi dari generasi sebelumnya dengan tetap menghemat daya.Prosesor Intel Skylake

Dibandingkan dengan prosesor sebelumnya, generasi Sylike memiliki kecepatan hingga 50% lebih tinggi. Namun, Skylake juga sangat hemat dalam mengkonsumsi daya baterai.

Tidak hanya itu, Skylake juga mendukung streaming video untuk menonton hingga kualitas 4K Ultra HD.

 

7. Kaby Lake

Prosesor generasi ke-7 Intel Kaby Lake diluncurkan pada 2016. Kaby Lake pada dasarnya adalah pembaruan arsitektur Sky Lake, dengan sedikit peningkatan efisiensi dan konsumsi daya.

Seperti dua generasi pertamanya, Kaby Lake juga menggunakan teknologi manufaktur 14 nanometer. Tetapi dibandingkan dengan Skylake, kinerjanya meningkat sekitar 12%.

Kaby Lake adalah arsitektur mikro pertama Intel, dan tidak menyediakan driver resmi untuk sistem operasi sebelum Windows 10.

Kaby Lake memperkenalkan arsitektur grafis baru untuk meningkatkan kinerja grafis 3D dan pemutaran video 4K. Kaby Lake menggunakan soket LGA 1151 dan dual channel untuk mendukung soket RAM DDR3L-1600 dan DDR4-2400.

 

8. Kaby Lake R

Pada tahun 2017, Intel memperkenalkan versi terbaru dari prosesor Kaby Lake sebagai versi generasi ke-8 yang baru. Detailnya sama dengan yang disebutkan pada prosesor Intel generasi ke-7, tetapi beberapa chipset generasi ke-8 mendukung RAM DDR4-2666 tetapi tidak mendukung RAM DDR3.

 

9. Coffe Lake

Intel meluncurkan prosesor Coffee Lake pada akhir 2017. Dengan dirilisnya arsitektur ini, Intel juga memperkenalkan prosesor Core i9.

Prosesor Coffee Lake dapat menembus batas hingga 4 core per CPU (prosesor baru sekarang dapat mendukung hingga 8 core per CPU).

Karena inti prosesor ini menghasilkan banyak panas, Intel menambahkan heat sink terintegrasi (IHS) ke CPU untuk menghilangkan panas, bukan pasta termal yang biasa digunakan pada prosesor sebelumnya.

Coffee Lake menggunakan soket LGA 1151, dan pinout-nya telah diubah untuk mendukung lebih dari 4 core dan cache L3 hingga 16 MB.

 

10. Cannon Lake

Cannon Lake, arsitektur generasi ke-10 Intel, menggunakan teknologi 10 nanometer baru. Itu dirilis pada akhir 2017, tetapi baru mulai diproduksi pada 2018.

Ice Lake diproduksi sebagai prosesor 10nm generasi kedua, menggunakan soket BGA1526, mendukung DDR4 3200 dan LPDDR4X 3733. Ice Lake adalah arsitektur CPU pertama yang mengintegrasikan dukungan untuk Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Thunderbolt 3

 

11. Tiger Lake

Tiger Lake akan menjadi teknologi transistor 10nm generasi ketiga dan prosesor generasi ke-11 Intel. Belum jelas kapan arsitektur Tiger Lake akan dirilis, namun menurut kabar yang beredar, Tiger Lake akan dirilis pada tahun 2021.

Menurut Wikipedia, kinerja Tiger Lake akan meningkat 30% dibandingkan generasi sebelumnya. Generasi ini juga akan memperkenalkan cache L4 untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik.

 

Generasi Selanjutnya

Sapphire Rapids adalah arsitektur mikro yang saat ini sedang direncanakan oleh Intel.

 

Akhir Kata

Itulah postingan mengenai urutan generasi processor intel dari generasi pertama hingga generasi terbaru, dengan penjelasan yang bisa nooblasto.com bagikan. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda tentang prosesor Intel.

Ref : https://www.nooblasto.com/

Komentari Tulisan Ini