• SMA NEGERI 1 KURIK
  • Cerdas dengan Ilmu, Mulia dengan Akhlak, Hebat dengan Teknologi, Maju Bersama Menuju Kesuksesan

Persiapan Validasi SKTP | Validasi JJM Tugas Tambahan Utama 2025

Persiapan validasi SKTP dan JJM tugas tambahan utama dibahas dalam video ini. Terdapat regulasi baru mengenai tugas tambahan untuk guru dengan jam mengajar kurang dari 24 jam. Penekanan pada pentingnya memperbarui SK dan syarat ruangan untuk kepala lab, kepala perpustakaan, dan wakil kepala sekolah juga disampaikan.

Ringkasan Video:

  • 05:42 Pembicara membahas tentang tugas tambahan utama yang dapat membantu guru memenuhi jam mengajar minimal 24 jam. Tugas ini bernilai 12 jam dan sangat penting untuk validasi pengajaran.
    • Proses validasi jam mengajar guru menjadi fokus utama dalam diskusi ini. Pembicara menjelaskan pentingnya mematuhi ketentuan jam mengajar yang telah ditetapkan.
    • Ada rambu-rambu yang diatur oleh peraturan untuk validasi jam mengajar. Pembicara mengacu pada peraturan-peraturan terbaru yang mengatur hal ini.
    • Pembicara menyebutkan kategori guru yang berbeda berdasarkan jam mengajar. Terdapat kategori A2 dan A3 yang perlu memperhatikan jam tambahan untuk mencapai 24 jam.
  • 07:00 Tugas tambahan untuk guru-guru di kategori A2 dan A3 adalah penting agar memenuhi syarat 24 jam untuk menerima tunjangan profesi. Hal ini perlu diperhatikan agar semua regulasi dan SK yang berlaku diperbaharui.
    • Regulasi yang digunakan untuk validasi tugas tambahan meliputi Permendikbud nomor 6 tahun 2019 dan revisi terbaru dari Permendikbud nomor 25 tahun 2024. Penting untuk memahami regulasi ini.
    • Wakil kepala sekolah di SMP kini dapat ditugaskan hingga tiga orang meskipun hanya ada tiga rombel. Ini memberikan peluang untuk pengelolaan jam pelajaran yang lebih baik.
    • Verifikasi SK penetapan untuk tugas tambahan perlu dilakukan agar validitasnya terjaga. SK harus diperbarui setiap tahun untuk memastikan keabsahan penugasan.
  • 13:57 Setiap sekolah harus memperbarui SK (Surat Keputusan) setiap tahunnya agar valid dan tidak menghadapi masalah saat pemeriksaan. SK yang tidak diperbarui dapat menjadi masalah di masa depan.
    • SMA dan SMK perlu memperbarui SK untuk wakil kepala sekolah setiap tahun agar tugas tambahan dapat diakui dengan valid. Ini penting untuk kelancaran administrasi sekolah.
    • Kepala laboratorium hanya boleh ada satu orang per sekolah, yang bertanggung jawab mengelola semua laboratorium. Ini penting untuk manajemen yang efisien di lembaga pendidikan.
    • Kepala perpustakaan juga harus memiliki SK dan ruang perpustakaan agar dapat diakui secara resmi. Satu kepala perpustakaan untuk setiap sekolah adalah ketentuan yang berlaku.
  • 20:02 Setiap sekolah harus memiliki jumlah ruang sesuai dengan konsentrasi keahlian yang diakui. Ruang bengkel, laboratorium, dan perpustakaan harus ada untuk mendukung program pendidikan.
    • Konsentrasi keahlian yang diakui maksimal harus sesuai dengan jumlah ruangan yang tersedia. Jika ada lebih banyak ruangan daripada konsentrasi, hanya yang sesuai yang akan diakui.
    • Setiap kepala program di SMK harus memiliki SK yang masih berlaku dan dientry di Dapodik. Ini penting untuk penugasan dan pengakuan program keahlian.
    • Kepala unit produksi di SMK dibatasi hanya satu orang per sekolah. Penetapan ini juga harus disertai dengan SK yang diperbaharui setiap tahun.
  • 26:08 Pembagian jam mengajar di sekolah kecil seperti SMP seringkali menjadi masalah, terutama dalam penentuan jumlah guru yang dibutuhkan. Ada syarat minimum jam mengajar yang harus dipenuhi untuk setiap guru.
    • Di SMP, satu guru IPA hanya dapat mengajar dua rombel jika jam mengajarnya cukup, yaitu minimal 12 jam untuk memenuhi syarat. Hal ini penting untuk menjaga kualitas pengajaran.
    • Sekolah kecil dengan tiga rombel dapat memenuhi syarat untuk memiliki guru lebih dari satu, tetapi harus memastikan jam mengajar total mencapai 24 jam. Ini memberikan fleksibilitas lebih bagi guru.
    • Guru BK di sekolah harus mengajar minimal 15 jam untuk tiga rombel, menunjukkan pentingnya perencanaan jam mengajar yang tepat. Ini membantu dalam pengelolaan beban kerja guru.
  • 32:13 Pembagian jam mengajar dan tugas tambahan di sekolah harus dilakukan secara seimbang agar semua guru memenuhi jam minimum yang ditentukan. Jika tidak, akan ada masalah dalam pemenuhan kebutuhan jam mengajar.
    • Untuk memenuhi kebutuhan jam mengajar, minimal harus ada enam rombel untuk mata pelajaran bahasa Inggris, dengan total jam yang ditentukan. Ini penting agar tidak melanggar regulasi.
    • Tugas tambahan untuk guru harus dibagi secara adil, sehingga semua guru mendapatkan jam mengajar yang cukup, minimal 12 jam. Hal ini untuk menghindari akumulasi jam pada satu guru saja.
    • Ada wacana untuk memasukkan pelajaran coding di SD, meskipun belum ada regulasi resmi. Ini menunjukkan arah pendidikan yang semakin modern dan relevan.

Apa itu tugas tambahan utama dalam SKTP? 

Tugas tambahan utama dalam SKTP (Surat Keputusan Tunjangan Profesi) adalah penugasan tambahan yang diberikan kepada guru untuk memenuhi beban kerja minimal 24 jam per minggu, terutama bagi guru yang jam mengajarnya kurang dari ketentuan tersebut. Tugas tambahan utama ini diakui secara resmi dan dapat digunakan untuk melengkapi kekurangan jam mengajar agar guru tetap memenuhi syarat untuk mendapatkan tunjangan profesi.

 

Contoh Tugas Tambahan Utama:

  1. Wakil Kepala Sekolah
  • Maksimal 3 orang untuk SMP dan 4 orang untuk SMA/SMK, tergantung jumlah rombongan belajar (rombel).
  • SK penetapan harus diperbarui setiap tahun dan dientri ke Dapodik.

 

  1. Kepala Laboratorium
  • Hanya diakui satu kepala laboratorium per sekolah, meskipun ada beberapa laboratorium.
  • Kepala laboratorium bertugas mengelola seluruh laboratorium di sekolah, bukan sebagai laboran.
  • Syarat: Harus ada ruang laboratorium yang valid.

 

  1. Kepala Perpustakaan
  • Hanya satu kepala perpustakaan per sekolah.
  • Syarat: Harus ada ruang perpustakaan dan SK penetapan dari kepala sekolah.

 

  1. Kepala Bengkel (untuk SMK)
  • Diakui satu kepala bengkel untuk setiap konsentrasi keahlian yang memiliki ruang bengkel.
  • Jumlah kepala bengkel maksimal sesuai jumlah konsentrasi keahlian yang tersedia.

 

  1. Kepala Program Keahlian (untuk SMK)
  • Satu kepala program keahlian diakui untuk setiap program keahlian yang dibuka di SMK.

 

  1. Kepala Unit Produksi (untuk SMK)
  • Maksimal satu kepala unit produksi per sekolah.

 

Syarat Umum Tugas Tambahan Utama:

  • Harus memiliki SK penetapan dari kepala sekolah.
  • SK harus diperbarui setiap tahun.
  • Harus ada fasilitas atau ruang yang sesuai dengan tugas tambahan tersebut (misalnya, ruang perpustakaan untuk kepala perpustakaan, laboratorium untuk kepala laboratorium, dll.).
  • Dientri ke Dapodik dengan nomor SK dan TMT (Tanggal Mulai Tugas) yang valid.

 

Tujuan Tugas Tambahan Utama:

Tugas tambahan utama bertujuan untuk membantu guru yang kekurangan jam mengajar agar tetap memenuhi syarat 24 jam per minggu, sehingga mereka dapat menerima tunjangan profesi. Namun, tugas tambahan ini tidak dapat digabungkan dengan tugas tambahan lain seperti tugas tambahan ekivalensi (TTL/TTLE).

Bagaimana cara memperbarui SK untuk guru? 

Untuk memperbarui SK (Surat Keputusan) bagi guru, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil berdasarkan konteks yang diberikan:

 

  1. Pembuatan SK Baru oleh Kepala Sekolah

   SK harus diperbarui setiap tahun oleh kepala sekolah. Pastikan SK tersebut mencakup tugas tambahan atau jabatan yang diemban oleh guru, seperti kepala perpustakaan, kepala laboratorium, wakil kepala sekolah, atau tugas lainnya.

 

  1. Memastikan SK Sesuai dengan Ketentuan
  • SK harus mencantumkan nomor SK dan TMT (Terhitung Mulai Tanggal) yang valid.
  • TMT harus lebih dari 1 Januari tahun berjalan (misalnya, untuk tahun 2024, TMT harus setelah 1 Januari 2024).
  • Pastikan SK sesuai dengan tugas tambahan yang diakui, seperti kepala laboratorium, kepala perpustakaan, atau tugas lainnya yang relevan.

 

  1. Memastikan Ketersediaan Ruangan

   Beberapa tugas tambahan memerlukan fasilitas fisik tertentu agar SK dapat diakui, seperti: 

  • Kepala perpustakaan harus memiliki ruang perpustakaan.
  • Kepala laboratorium harus memiliki laboratorium.
  • Kepala bengkel di SMK harus memiliki ruang bengkel.

Jika fasilitas ini tidak tersedia, SK tidak akan valid.

 

  1. Entry Data ke Dapodik

   Setelah SK diperbarui, data SK harus dimasukkan ke dalam sistem Dapodik (Data Pokok Pendidikan). Pastikan data yang diinput, seperti nomor SK, TMT, dan tugas tambahan, sesuai dengan dokumen SK yang telah dibuat.

 

  1. Validasi SK

   Setelah data diinput ke Dapodik, lakukan validasi untuk memastikan bahwa SK tersebut diakui dalam sistem. Jika ada kesalahan, perbaiki data yang diinput atau revisi SK sesuai kebutuhan.

 

  1. Memastikan SK Masih Berlaku

   SK yang sudah diperbarui harus tetap berlaku selama periode tahun berjalan. Jika ada perubahan tugas atau jabatan, SK harus diperbarui kembali.

 

Dengan langkah-langkah ini, SK guru dapat diperbarui dan diakui secara valid sesuai dengan ketentuan yang berlaku..

Apa syarat untuk kepala lab dan kepala perpustakaan?

Berdasarkan konteks yang diberikan, berikut adalah syarat untuk kepala laboratorium (kepala lab) dan kepala perpustakaan (kepala perpus):

 

 Syarat Kepala Laboratorium (Kepala Lab):

  1. Jumlah Kepala Lab Maksimal Satu Orang:
  • Setiap sekolah hanya boleh memiliki satu kepala laboratorium, meskipun memiliki banyak laboratorium (misalnya, lab IPA, lab bahasa Inggris, dll.).
  • Kepala lab bertugas mengelola seluruh laboratorium di sekolah, bukan sebagai laboran (petugas laboratorium).

 

  1. Harus Ada Ruang Laboratorium:
  • Sekolah harus memiliki minimal satu ruang laboratorium yang diakui. Jika tidak ada ruang laboratorium, kepala lab tidak akan diakui.

 

  1. SK Penetapan:
  • Kepala lab harus memiliki Surat Keputusan (SK) penetapan dari kepala sekolah.
  • SK ini harus diperbarui setiap tahun.

 

 Syarat Kepala Perpustakaan (Kepala Perpus):

  1. Jumlah Kepala Perpus Maksimal Satu Orang:
  • Setiap sekolah hanya boleh memiliki satu kepala perpustakaan, baik untuk jenjang SMP, SMA, maupun SMK.

 

  1. Harus Ada Ruang Perpustakaan:
  • Sekolah harus memiliki ruang perpustakaan yang jelas. Jika tidak ada ruang perpustakaan, kepala perpus tidak akan diakui.

 

  1. SK Penetapan:
  • Kepala perpus harus memiliki SK penetapan dari kepala sekolah.
  • SK ini juga harus diperbarui setiap tahun.

 

  1. Tidak Memerlukan Sertifikasi Khusus:
  • Saat ini, kepala perpustakaan tidak diwajibkan memiliki sertifikasi khusus sebagai kepala perpustakaan.

Catatan Tambahan:

  • Baik kepala lab maupun kepala perpus hanya diakui jika memenuhi syarat di atas, termasuk adanya ruang yang sesuai dan SK yang valid.
  • Untuk SLB, kepala perpustakaan tidak memerlukan tambahan jam karena sudah memenuhi syarat dengan 6 jam saja.

 

Semoga informasi ini membantu!

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pelatihan Koding, Kecerdasan Artifisial (AI), dan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)

  Tujuan Program Meningkatkan kapasitas dan kompetensi sekolah (guru dan siswa) dalam: Pemrograman komputer (koding) menggunakan Python Dasar-dasar Kecerdasan Artifisia

25/06/2025 08:57 - Oleh Administrator - Dilihat 18 kali
Kunjungan Tim Pemantau Pemanfaatan Bantuan Akses Internet BAKTI Aksi di SMA Negeri 1 Kurik

Pada tanggal 20 Mei 2025, SMA Negeri 1 Kurik menerima kunjungan dari Tim Pemantau Pemanfaatan Bantuan Akses Internet dalam program BAKTI Aksi. Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya

21/05/2025 15:46 - Oleh Administrator - Dilihat 36 kali
Selamat Atas Juara 2, 3 dan Harapan 1 pada ajang FLS3N di Hotel Hallogen

Prestasi Keren dari SMA Negeri 1 Kurik!Festival Lomba Seni dan Sastra Siswa Nasional – Merauke, 19 Mei 2025 Gengs, kalian udah tau belum? Tim keren dari SMA Negeri 1 Kurik baru a

20/05/2025 10:56 - Oleh Administrator - Dilihat 36 kali
SMAN 1 KURIK Ikuti Ajang FLS3N 2025!

SMAN 1 KURIK kembali menunjukkan semangat berprestasinya dengan mengikuti Festival Lomba Seni dan Sastra Siswa Nasional (FLS3N) Tahun 2025. Dalam ajang bergengsi ini, sekolah mengirimka

19/05/2025 12:04 - Oleh Administrator - Dilihat 84 kali
Proses Pendampingan dan Bimbingan Siswa dalam Persiapan Lomba O2SN dan FLS2N

Dalam rangka mendukung potensi dan kreativitas siswa, sekolah melaksanakan kegiatan pendampingan intensif bagi peserta lomba O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) dan FLS2N (Festival

17/05/2025 06:54 - Oleh Administrator - Dilihat 65 kali